Tips

Tips Backpacker ke Bali, Hemat Tapi Asik!

Mendengar kata Bali, pasti hal pertama yang ada di pikiran kalian adalah liburan. Karena, pulau Dewata ini memang di kenal sebagai surge untuk para wisatawan local maupun mancanegara. Itulah juga kenapa beberapa orang menganggap kalau Bali cukup mahal untuk di jadikan sebagai destinasi liburan. Apalagi untuk yang mau mencoba travelling dengan cara backpacker an ke Bali.

Sekarang ini, sudah ada banyak cara yang bisa kalian lakukan agar bisa berlibur dengan hemat ke Bali. Pulau Bali sendiri di kenal akan eksotisme pantai dan juga keindahan alamnya. Belum lagi adanya kesenian dan adat budaya di Bali yang masih sangat kental dan jadi daya Tarik tersendiri untuk pulau ini.

Nah, untuk kalian yang mau liburan murah ke Bali, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips berlibur ala backpacker ke Bali untuk kalian.

1. Tentukan Destinasi

Tips Backpacker ke Bali

Menikmati alam di Pulau Dewata ternyata tidak membutuhkan biaya yang mahal. Karena, di sana ada banyak sekali pantai gratis yang dapat kalian kunjungi. Selain bisa menikmati suasana di pantai, kalian juga bisa melihat keindahan matahari terbit maupun terbenam.

Contohnya seperti pantai Sanur, Kuta, Pantai Kelan yang ada di dekat bandara, hingga Karma Kandara. Kalian juga bisa mengunjungi kawasan Nusa Dua untuk menyambangi pantai – pantai yang eksotis seperti Pantai Mengiat dan Pantai Geger.

Kalian juga bisa menikmati deburan ombak di atas dermaga tepatnya pada pinggir karang Water Blow. Tanah Lot dan Goa Gajah juga bisa kalian datangi karena tiket masuknya kurang dari Rp 20.000. ada banyak destinasi yang bisa didatangi dengan budget yang minim juka kalian melakukan riset dengan matang.

2. Low Season Vs. Peak Season

Sudah jadi rahasia umum kalau makin tinggi permintaan maka penawaran juga semakin tinggi. Sama juga dengan dunia travel. Jadi jangan kaget jika kalian menemukan harga tiket ataupun penginapan yang melonjak drastic pada saat masa liburan tiba.

Itulah kenapa, kalau kalian tak mau mengeluarkan budget yang mahal, sebaiknya kalian menghindari masa liburan di saat kalian mengunjungi Bali. Selain bisa menekan anggaran, kalian juga bisa lebih puas eksplor berbagai destinasi wisata di sini.

Ada pula cara lain yang dapat kalian lakukan yaitu dengan lebih rajin mencari promo tiket pulang pergi maupun promo hotel di Bali.

Baca Juga: 7 Tips Travelling Sendirian Biar Tetap Aman

3. Perjalanan Via Darat

Tips Backpacker ke Bali

Backpacker ke Bali dari jalur darat di percaya bisa sangat menghemat budget. Karena, menggunakan pesawat sebagai moda transportasi memang sangat menguras budget liburan. Itulah kenapa kebanyakan backpacker lebih memilih cara ngeteng di mana mereka akan menggunakan beberapa moda transportasi umum darat untuk sekali perjalanan.

Walaupun memakan waktu yang cukup lama, tetapi cara ini dapat memangkas ongkos perjalanan yang cukup banyak. Di Jakarta sendiri, kalian bisa menggunakan kereta Gumarang kelas Ekonomi dengan tujuan Surabaya Pasar Turi dengan harga tiket mulai dari Rp 150.000 an saja.

Setelah itu, di lanjutkan dengan perjalanan menaiki kereta api Probowangi jurusan Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru dengan biaya Rp 56.000. Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, kalian bisa jalan kaki atau naik ojek ke Pelabuhan Ketapang.

Untuk menyebrang ke Bali, kalian akan dikenakan biaya Rp 6.000. penyebrangan ini memakan waktu tempuj 1 jam menuju Pelabuhan Gilimanuk. Dari pelabuhan Bali kalian bisa naik bus dengan biaya sekitar Rp 35.000 menuju Terminal Ubung, Denpasar.

Kalau mau naik moda transportasi udara, salah satu tips backpacker ke Bali naik pesawat yang bisa kami berikan adalah dengan lebih rajin mencari promo. Namun tentu saja harganya tak akan semurah transportasi darat.

4. Tempat Penginapan

Sewa penginapan juga bisa berpengaruh pada besarnya anggaran liburan. Agar tetap hemat, Tips Backpacker ke Bali berikutnya adalah pilihlah tempat penginapan yang low budget. Walaupun di Bali ada banyak vila dan resort yang mahal, tetapi kalian tetap bisa menemukan banyak penginapan yang murah.

Contohnya di kawasan Kuta serta Poppies Lane yang gemerlap, di sana ada banyak pilihan penginapan dengan harga per malam nya mulai dari Rp 50.000 per orang, walaupun harganya murah, namun fasilitas yang ditawarkan bisa dibilang cukup memadai loh.

5. Sewa Motor

Tips Backpacker ke Bali

Kalau liburan sendiri, berdua, atau bersama rombongan kecil, sebaiknya kalian lebih cermat dalam memilih jenis kendaraan. Di bandingkan mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar taksi atau angkutan online, menyewa motor bisa jadi salah satu alternative paling pas untuk kalian yang liburan dengan dana terbatas.

Di pusat wisata seperti Kuta dan Legian, ada banyak tempat penyewaan motor yang menawarkan system pembayaran yang di hitung per hari. Jenis motor yang di tawarkan pun beragam dengan harga mulai dari Rp 35.000 sampai dengan Rp 70.000 an saja per hari.

Selain bisa hemat pengeluaran, kalian juga bisa lebih puas menjelajah pulau Dewata sampai ke pelosoknya. Namun, pastikan kalian bisa menyetir bergantian dengan teman atau berhenti sesekali untuk istirahat supaya tidak terlalu lelah ya.

6. Pintar Cari Makan

Sebagai destinasi wisata yang banyak di datangi oleh para wisatawan dari segala penjuru Negara, Bali tak selalu menyajikan sensasi kuliner ala bintang 5 dengan harga yang mahal. Ada juga beberapa tempat makan murah yang sangat cocok untuk wisatawan yang budgetnya pas – pasan.

Misalnya Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku yang memiliki cabang di beberapa wilayah, seperti Ubud, Seminyak, dan Denpasar yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 20.000 an saja per porsi dan kalian sudah bisa mencicipi cita rasa nasi campur yang lengkap dengan sate lilit, telur pindang, sambal, dan lain – lain.

Di malam hari kalian bisa datang ke Pasar Malam Kereneng yang buka 24 jam dan menjual berbagai menu khas dengan harga yang bersahabat. Jika kalian beragama Islam, jangan lupa pastikan halal tidaknya makanan yang akan dibeli.

Itulah beberapa cara backpacker ke Bali yang dapat kalian coba lakukan agar bisa lebih puas menjelajah Bali dengan anggaran yang hemat. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...